Teknik Dasar Sepakbola, Voli, Bulu Tangkis, Basket, Futsal, Ukuran Lapangan, Ekosistem, Kultur Jaringan, Rantai Makanan, Sistem Periodik Unsur, Struktur Atom, Konfigurasi Elektron, Ciri-ciri Makhluk Hidup, Klasifikasi Makhluk Hidup, Keanekaragaman Hayati

Sabtu, 10 Maret 2018

Pengertian Router, Modem, Switch, NIC, Repeater, HUB, Bridge, Access Point Dan Fungsinya

Pengertian Router, Modem, Switch, NIC, Repeater, HUB, Bridge, Access Point Dan Fungsinya - Kali ini saya akan posting tentang Pengertian Computer Network Devices dan fungsinya, hanya untuk menambahkan wawasan yang anda lihat atau baca di bawah ini.

1. Pengertian Router
Router adalah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer atau perangkat komputer yang bertugas mengantarkan paket data melalui Internet sampai tujuan. Pada lapisan ini diketahui pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, dan router ini berperan penting sebagai penghubung atau router paket data antara dua segmen jaringan / lebih.

Pengertian Router, Modem, Switch, NIC, Repeater, HUB, Bridge, Access Point Dan Fungsinya
Pengertian Router, Modem, Switch, NIC, Repeater, HUB, Bridge, Access Point Dan Fungsinya


Fungsi router meliputi:
  • Router berfungsi sebagai antarmuka antara dua atau lebih jaringan komputer untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perbedaan Router dengan Switch yaitu, jika switch menghubungkan beberapa alat untuk membentuk jaringan LAN.


2. Pengertian Modem
Modem adalah (Modulator Demodulator) adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya.

Fungsi modem meliputi:
  • Untuk menghubungkan komputer / PC Anda ke jaringan internet.


3. Pengertian Switch
Switch adalah perangkat jaringan komputer yang bekerja di OSI Layer 2, Data Link Layer. Switch berfungsi sebagai konektor atau konsentrator di jaringan komputer. Switch mengenali MAC Adressing sehingga dia bisa mengurutkan paket data mana yang akan diteruskan / lanjutkan ke mana.

Switch fungsi meliputi:
  • Bisa juga digunakan sebagai repeater / alat penguat sinyal.
  • Berfungsi untuk menghubungkan kabel UTP (Kategori 5 / 5e) satu komputer ke komputer lain.
  • Di saklar biasanya ada routing. Routing sendiri berfungsi untuk melompat rock saat terhubung dengan komputer lain di LAN (Local Area Network).


4. Pengertian NIC
NIC singkatan dari Network Interface Card adalah kartu yang berfungsi sebagai bridge dari komputer ke jaringan komputer. Cara kerja NIC adalah mengubah arus data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga bisa ditransmisikan melalui medium jaringan.

Fungsi NIC meliputi:
  • Sebagai media yang mengirimkan data ke komputer lain di jaringan.
  • Mengontrol aliran data antar komputer & sistem kabel.
  • Sebagai penerima data yang dikirim dari komputer lain / PC via kabel & terjemahkan ke bit yang bisa dimengerti oleh komputer.


5. Pengertian Repeater
Repeater adalah alat jaringan kpmputer yang berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercakup oleh sinyal yang berasal dari server untuk menangkap sinyal WIFI. Perangkat repeater harus memiliki 2 (dua) alat, yaitu untuk menerima sinyal dari server (KLIEN) & untuk menyebarkan sinyal lagi WIFI (accespoint), atau bisa juga sebagai penguat sinyal.

Fungsi repeater meliputi:
  • Untuk mengesampingkan area yang lemah dari Server (transmitter).
  • Untuk memperpanjang jangkauan sinyal dari Server (pemancar).
  • Untuk memudahkan akses ke sinyal WIFI yang berasal dari Server.


6. Pengertian HUB
Hub adalah perangkat jaringan yang bekerja pada layer OSI 1, Physical Layer. Jadi Hub hanya berfungsi tidak hanya sebagai konektor atau konsentrator saja, dan hanya memperkuat sinyal pada kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP). Hub tidak mengenali MAC Addressing atau Physical Addressing sehingga tidak bisa mengurutkan data yang harus ditransmisikan tabrakan shingga tidak bisa dihindari dari penggunaan Hub.

Fungsi Hub meliputi:
  • Memfasilitasi penambahan pemindahan atau penambahan workstation.
  • Tingkatkan jarak jaringan (bisa berfungsi sebagai repeater).
  • Menyediakan / memfasilitasi fleksibilitas dengan mendukung berbagai antarmuka (Ethernet, Toket ring dan FDDI)
  • Menawarkan fitur-feature fault tolerance.
  • Berikan tugas terpusat (koleksi informasi, diagnostik).


7. Pengertian bridge
Bridge adalah komponen jaringan komputer yang bisa digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat segmen jaringan. bridge jaringan beroperasi dalam lapisan data-link dalam model OSI. bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan 2 (dua) media jaringan yang berbeda, seperti antara media kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair) dengan kabel serat optik / dua arsitektur jaringan yang berbeda.

Fungsi bridge meliputi:
  • Bridge berfungsi sebagai pembagi jaringan sehingga menjadi dua jaringan. Bridge dapat mengatur informasi antara kedua sisi jaringan agar bisa berjalan secara teratur.


8. Pengertian Access Point
Access point adalah perangkat yang digunakan sebagai pembuat koneksi nirkabel pada jaringan komputer.

Fungsi jalur akses meliputi:
  • Sebagai perangkat jaringan yang berfungsi membuat jaringan komputer tanpa kabel.


Demikianlah artikel singkat tentang Pengertian Router, Modem, Switch, NIC, Repeater, HUB, Bridge, Access Point Dan Fungsinya yang bisa saya tulis pada kesempatan ini. Saya alfiyah kamila pamit undur diri. Wassalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Router, Modem, Switch, NIC, Repeater, HUB, Bridge, Access Point Dan Fungsinya

1 komentar: