Teknik Dasar Sepakbola, Voli, Bulu Tangkis, Basket, Futsal, Ukuran Lapangan, Ekosistem, Kultur Jaringan, Rantai Makanan, Sistem Periodik Unsur, Struktur Atom, Konfigurasi Elektron, Ciri-ciri Makhluk Hidup, Klasifikasi Makhluk Hidup, Keanekaragaman Hayati

Selasa, 29 Mei 2018

Pengertian ROM dan Fungsinya beserta Cara Kerjanya

Pengertian ROM dan fungsinya bersama dengan cara kerjanya dapat Anda lihat artikel ini lebih lengkap dan lebih jelas.

Pengertian ROM


ROM adalah singkatan dari 'Read Only Memory' yang merupakan perangkat keras pada komputer atau PC dalam bentuk chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca saja. ROM tidak dapat diklasifikasikan sebagai RAM (Random Access Memory), meskipun keduanya memiliki kesamaan yang dapat diakses secara acak atau acak. ROM (Read Only Memory) berbeda dari RAM (Random Access Memory).

Atau bias juga pengertian ROM adalah salah satu ingatan yang terdapat di komputer. ROM ini memiliki sifat permanen, yang berarti program atau data yang disimpan dalam ROM tidak mudah hilang atau berubah meskipun catu daya telah dimatikan. 

Menyimpan data dalam ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, tetapi membaca data dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program atau data yang ada diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena itu sifat-sifat ini, biasa digunakan untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang berkaitan erat dengan perangkat keras).

B. Di bawah ini Anda dapat melihat bagaimana ROM bekerja, fungsi dan jenis
Cara atau prinsip kerja ROM seperti pada gambar di bawah ini:

Cara Kerja ROM

Begini cara kerja ROM?
Fungsi ROM (Read Only Memory) adalah firmware media penyimpanan, perangkat lunak atau lebih sering disebut perangkat lunak, yang terkait dengan perangkat keras (hardware). seperti ROM BIOS, di mana BIOS (Basic Input Output System) dapat langsung dieksekusi dengan cepat, tanpa harus menunggu untuk memulai perangkat media penyimpanan lain terlebih dahulu karena biasanya terjadi di perangkat penyimpanan lain. Meskipun memori ROM hanya dapat dibaca, tetapi data dalam memori ini dapat ditulis ulang.

Jenis ROM seperti Mask ROM, PROM, EPROM, EAROM. Bentuk awal ROM terdiri dari sirkuit terpadu. Menggunakan saklar transistor, data secara fisik dikodekan ke dalam rangkaian. 

Ini berarti bahwa itu hanya dapat diprogram selama fabrikasi asli. Benar-benar hanya-baca, dan juga tidak ada perubahan sama sekali. Ini juga disebut mask ROM, tetapi pada 1990-an, memori flash telah dibuat dan disajikan dalam alternatif yang jauh lebih baik. 

Memori flash juga tidak mudah berubah, jadi simpan data di sana ketika daya dimatikan, tetapi data dapat ditimpa. Ini berarti firmware dapat diperbarui jika diperlukan. Flash ROM sekarang standar pada kebanyakan komputer. Secara teknis flash ROM tidak lagi hanya-baca, tetapi sangat sedikit pengguna komputer biasa memodifikasi firmware dari pc / komputer mereka sendiri. 

Jika dibandingkan dengan jenis penyimpanan lain, ROM umumnya cukup kecil. Firmware tidak memakan banyak ruang, dan memiliki kapasitas penyimpanan ROM yang lebih besar tidak membuat PC boot lebih cepat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian ROM dan Fungsinya beserta Cara Kerjanya

0 komentar:

Posting Komentar