Teknik Dasar Sepakbola, Voli, Bulu Tangkis, Basket, Futsal, Ukuran Lapangan, Ekosistem, Kultur Jaringan, Rantai Makanan, Sistem Periodik Unsur, Struktur Atom, Konfigurasi Elektron, Ciri-ciri Makhluk Hidup, Klasifikasi Makhluk Hidup, Keanekaragaman Hayati

Rabu, 30 Mei 2018

Pengertian Firewall Dan Fungsinya Lengkap

Berikut adalah pengertian firewall dan fungsi yang bisa Anda baca dan pahami di posting ini lebih lengkap dan jelas.

Pengertian Firewall

Firewall adalah kombinasi dari perangkat keras (perangkat keras) dan perangkat lunak (perangkat lunak) yang berfungsi untuk memisahkan antara jaringan komputer menjadi dua atau lebih untuk menjaga keamanan data. 

Atau secara umum juga pengertian firewall satu set program atau perangkat lunak yang terhubung satu sama lain, yang berada di jaringan komputer server gateway, yang berfungsi untuk melindungi sumber daya dari jaringan pribadi pengguna lain.

Dengan jaringan intranet, perusahaan memungkinkan karyawannya mengakses Internet secara lebih ekstensif memasang firewall, yang mencegah orang luar mengakses sumber daya pribadi untuk mengontrol atau mencuri data data.

Pengertian Firewall Dan Fungsinya Lengkap


Firewall adalah cara untuk memastikan bahwa data pada komputer atau server Web yang terhubung tidak akan dapat diakses oleh siapa pun di Internet. Jika ada pihak lain yang mengakses informasi pribadi atau mengubah situs web Anda akan diblokir oleh Firewall.

Pada dasarnya firewall selalu bekerja dengan program router yang memeriksa setiap paket jaringan untuk menentukan apakah itu akan maju ke arah tujuannya. Firewall juga selalu bekerja dengan server proxy yang membuat permintaan jaringan atas nama pengguna workstation. 

Dirancang khusus komputer atau PC terpisah dari sisa jaringan sering dipasang di Firewall, sehingga tidak ada permintaan yang masuk dapat langsung mengakses sumber daya jaringan.

Firewall juga sebagai sistem perangkat lunak yang memungkinkan lalu lintas jaringan yang dianggap cukup aman untuk dilewati dan juga mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. 

Umumnya, firewall diterapkan dalam mesin khusus, yang berjalan di gateway (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan Internet. Jadi tujuan utama firewall adalah untuk memisahkan area aman dari area yang kurang atau tidak aman, dan juga untuk mengontrol komunikasi antara keduanya. 

Firewall dapat melakukan berbagai fungsi lain, tetapi terutama bertanggung jawab untuk mengendalikan komunikasi masuk dan komunikasi keluar dari satu komputer ke semua atau seluruh jaringan.

Fungsi Firewall

Fungsi Firewall Pada Jaringan adalah sebagai berikut:
  • Untuk mengontrol dan memantau paket data yang mengalir di dalam jaringan, Firewall harus dapat mengelola, menyaring, atau mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan pribadi yang dilindungi oleh firewall.
  • Firewall juga harus dapat memeriksa atau memeriksa paket data yang akan menjadi jaringan pribadi.
  • Otentikasi akses.
  • Firewall dapat memeriksa lebih dari sekadar header paket data, kemampuan ini membutuhkan firewall untuk dapat mendeteksi protokol aplikasi tertentu.
  • Catat setiap transaksi berbagai kejadian yang terjadi di firewall. Ini memungkinkan untuk membantu sebagai deteksi dini kemungkinan kerusakan jaringan.


Cara Kerja Firewall

Cara Kerja Firewall, Anda dapat membaca dan membaca di bawah ini:
  • Menolak dan memblokir paket data yang masuk, berdasarkan sumber atau tujuan yang tidak diinginkan.
  • Menolak dan juga menyaring paket data yang berasal dari jaringan internal ke jaringan Internet. Misalnya, ketika ada pengguna jaringan internet akan mengakses situs terlarang.
  • Menolak dan memfilter paket data berdasarkan konten yang tidak diinginkan seperti situs yang terdeteksi mengandung virus atau sejenisnya.
  • Laporkan semua aktivitas jaringan dan aktivitas firewall.


Ciri Ciri Firewall

Berikut adalah beberapa karakteristik firewall, seperti:
Firewall harus biasanya lebih kuat dan juga lebih kebal terhadap serangan eksternal. Ini berarti bahwa Sistem Operasi komputer akan relatif lebih aman dan penggunaan sistem dapat dipercaya.
Hanya aktivitas yang diketahui atau terdaftar saja yang bisa lewat, hubungkan. Dalam hal ini dilakukan dengan menetapkan kebijakan pada konfigurasi keamanan lokal.
Semua aktivitas yang masuk harus melalui firewall terlebih dahulu. Ini dilakukan dengan membatasi atau memblokir semua akses ke jaringan lokal, kecuali jika melewati firewall terlebih dahulu.

Manfaat Firewall

Beberapa manfaat firewall adalah sebagai berikut:
Atur lalu lintas atau lalu lintas data antara jaringan satu sama lain.
Dapat mengatur port atau paket data ditolak atau diizinkan.
Otentikasi terhadap akses.
Pantau atau rekam lalu lintas dari jaringan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Firewall Dan Fungsinya Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar