Teknik Dasar Sepakbola, Voli, Bulu Tangkis, Basket, Futsal, Ukuran Lapangan, Ekosistem, Kultur Jaringan, Rantai Makanan, Sistem Periodik Unsur, Struktur Atom, Konfigurasi Elektron, Ciri-ciri Makhluk Hidup, Klasifikasi Makhluk Hidup, Keanekaragaman Hayati

Kamis, 31 Mei 2018

Pengertian Komputer dan Sejarah Perkembangannya

Pengertian Komputer dan Sejarah Perkembangannya dapat Anda baca dan pahami diartikel ini. Definisi komputer berasal dari kata Latin "computare" berarti menghitung, menggabungkan bersama-sama, jika dalam bahasa Inggris disebut "untuk menghitung" dengan orang yang menghitung.

A. Pengertian Komputer

Komputer seperti yang sudah kita kenal pada umumnya adalah perangkat elektronik yang dapat memiliki banyak fungsi dan dapat melakukan banyak tugas. Pada saat perang dunia kedua komputer adalah mesin mekanik yang memiliki fungsi untuk melakukan perhitungan operasi aritmatika atau alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai prosedur yang telah diformulasikan.

Selain itu, pengertian komputer adalah sebagai kumpulan perangkat elektronik yang saling terkoordinasi satu sama lain sehingga dapat menerima data, mengolah data dan pada akhirnya akan menghasilkan output yang disebut informasi, jika data input kemudian dalam proses dan dikeluarkan / keluaran dalam bentuk informasi.

B. Sejarah perkembangan komputer dari waktu ke waktu

Ini adalah sejarah perkembangan komputer dan karakteristiknya dari waktu ke waktu, termasuk sebagai berikut:

Abacus - Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia Kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai pelopor atau awal dari mesin komputasi. Alat ini memungkinkan pengguna untuk melakukan perhitungan menggunakan gumpalan geser, disusun di rak. 

Khususnya para pedagang pada waktu itu menggunakan sempoa untuk menghitung transaksi bisnis atau perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di benua Eropa, Abacus mulai kehilangan popularitasnya.

Komputer generasi pertama (1940 - 1959) - Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung hampa untuk memproses dan menyimpan datanya. Sehingga cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu membutuhkan ribuan tabung hampa untuk menjalankan operasi secara keseluruhan.

Komputer generasi kedua (1959 - 1964) - Pada tahun 1948, setelah menemukan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di radio, televisi dan komputer. Maka akibatnya, ukuran mesin listrik secara drastis berkurang. Transistor mulai digunakan dalam komputer sejak 1956. 

Penemuan lain dalam bentuk pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil dari generasi pertama, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi daripada sebelumnya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.

Komputer Generasi Ketiga (1964 - 1970) - IC (Integrated Circuits) atau juga dikenal sebagai sirkuit terpadu menggantikan fungsi transistor. Dari chip IC, dapat menggantikan beberapa transistor, dioda dan resistor sekaligus, hingga memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Meskipun ukurannya lebih kecil, tetapi kecepatannya lebih tinggi, kapasitasnya lebih besar dan dimungkinkan untuk berkomunikasi antar komputer.

Generasi Keempat Komputer (1970-an - Sekarang) - Komponen utama komputer ini menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) yang merupakan IC yang memiliki kemampuan yang telah ditingkatkan hingga ratusan atau bahkan ribuan kali dengan ukuran fisik yang lebih kecil atau karakteristik menggunakan Microprocessor compactor dari ribuan IC ke Chip (komputer generasi keempat yang kita temui saat ini).

Komputer generasi kelima - Dalam pengembangan, rencana masa depan komputer generasi kelima adalah komputer yang sudah memiliki Kecerdasan Buatan atau yang disebut AI. Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon terhadap keinginan para penggunanya. Karakteristik dari generasi komputer ini adalah:

Masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya tidak terlalu banyak. Perkembangan komputer genarasi dipelopori oleh negara Jepang.

Komponen elektroniknya menggunakan bentuk chip VLSI terbaru.
Program ini dibuat dalam PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
Berfokus pada AI (Artificial Intelligence), yang merupakan sesuatu yang terkait dengan penggunaan komputer untuk melakukan berbagai tugas yang analog dengan perilaku manusia.


C. Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Menurut Gordon B. Davis - Komputer adalah jenis penghitung khusus yang memiliki sifat tertentu tertentu.
Sedangkan menurut Elias M. Awad - Komputer adalah alat kalkulator yang dapat mengolah data untuk disajikan dalam bentuk data digital & data analog.

Dan menurut Larry Long dan Nancy Long - Komputer adalah kalkulator elektronik yang dapat menginterpretasikan dan mengeksekusi perintah program dalam bentuk input, output, perhitungan, dan operasi logis lainnya.

D. Fungsi Komputer

Sebagai alat atau sarana untuk komunikasi - seperti fungsi komputer ini, kita dapat berbicara dengan saudara atau teman melalui webcam. Dapat berkomunikasi surat melalui surat elektronik atau lebih sering disebut sebagai Email, obrolan dan lainnya yang dapat berfungsi sebagai alat komunikasi melalui jaringan komputer yang sangat luas atau sering disebut internet.

Sebagai fungsi Multimedia - menggunakan komputer kita dapat mengolah dan mengedit foto dan video, dan dapat merekam lagu dll. Tentu saja menggunakan softwere.

Fungsi hiburan - dapat digunakan untuk bermain game, mendengarkan lagu atau musik, atau menonton film. Kita dapat menginstal game di komputer kita dan memutarnya selama komputer memiliki spesifikasi yang sesuai untuk game tersebut.

Sebagai alat atau alat keamanan - Di bidang keamanan, komputer yang digunakan sebagai bagian dari kepentingan suatu negara dalam menghadapi serangan dari pihak luar adalah dengan memperkuat pertahanan. Dengan mengendalikan komputer, suatu negara dapat menggunakan peralatan canggih.

Membantu dalam proses pendidikan atau mengajar - Ini berarti bahwa hal itu dapat membantu dalam proses presentasi atau dalam menginformasikan materi pelajar siswa dan kadang-kadang siswa suka menyimpan data pelajaran mereka.

Berfungsi untuk melakukan pemrograman sistem dan pengolahan data - Sering digunakan dalam berbagai aplikasi tentang sistem informasi, termasuk untuk pembuatan program yang dapat membantu memudahkan pengguna dalam menggunakan komputer.

Berfungsi membantu dalam bisnis - Misalnya, memproses informasi keuangan dan data perusahaan, pengumpulan data karyawan, atau media promosi, juga dapat menjadi transaksi online. Dengan menggunakan komputer, berbisnis lebih mudah dan efisien.

Sebagai sarana untuk memfasilitasi dunia kerja - Sebagai contoh, mesin tik pertama yang digunakan untuk mengetik huruf dan jika ada kesalahan maka surat itu akan kembali mengetik, surat otomatis yang telah diketik tidak dapat diedit ulang. Saat sekarang menggunakan komputer, kita dapat mengetik huruf yang bias dalam pengeditan dan file dapat disimpan.
Dan masih banyak lagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Komputer dan Sejarah Perkembangannya

0 komentar:

Posting Komentar